PULAU LOMBOK


Pulau Lombok memiliki luas 473.780 hektare dengan populasi sekitar 6 juta jiwa. Sebagian besar masyarakat lombok memeluk agama islam dengan percentage 75%. Sisanya memeluk agama hindu,budha dan Kristen. Plus, Mungkin dengan persentase terkecil karena di anut oleh sejumlah penduduk di sebuah desa yang terletak di lombok bagian utara terdapat sebuah agama yang sangat unique. Agama islam yang ritualnya menggunakan fasilitas yang sama persis dengan agama hindu. Agama itu di sebut WETU TELU. Saya tidak akan berbicara banyak tentang agama itu saat ini. Mungkin in my next post.

Lets get back to our main topic. Lombok adalah sebuah pulau yang terbagi menjadi tiga kabupaten.

· Kabupaten Lombok Barat

Di kabupaten ini terdapat sejumlah objek wisata yang sangat popular. Seperti pantai senggigi,Pantai mangsit,malimbo, Pantai sekotong (where the pearl farming is located) , bangko bangko( One of the best place for surfing) and not to forget the triple Gilis( Air,Meno,Terawangan). Selain itu lombok barat juga menyediakan objek wisata budaya seperti: Pura mayura,Pura lingsar,and The narmada water palace.kemudian bagi anda yang suka trekking. gunung rinjani akan menjadi pilihan terbaik buat anda. Dengan pesona Danau segara anak yang indah. di tambah perjalanan trekking yang akan anda lalui melewati sejumlah air terju seperti: air terjun senaru,Tiu kelep DLL. Other things that you can do here in your leisure time is to Shop in some international standard shoping centre. Accomodation is nothing to be worried about. It’s got all the five star quality hotels and restaurant.

· Kabupaten Lombok tengah

Kabupaten Lombok Tengah dengan Mungin sedikit lebih natural daripada Lombok Barat. But its still can accommodate you with Luxury five star hotels.Sejumlah tempat wisata yang bias anda kunjungi disini antara lain: Pantai kuta dengan pasir putih dan stunning landscape surround it,pantai gerupuk,pantai mawun which is one of the most beautiful beach I’ve ever seen( I even love it much better than Phuket in Thailand),pantai ann,pantai selong belanak, and much much more…..Kemudian untuk wisata alam pegunungan. anda bisa coba kunjungi air terjun benag setukel dan air terjun kelambu di desa pemotoh.

· Kabupaten Lombok Timur

Kabupaten Lombok Timur Mungkin akan sangat cocok bagi anda yang suka wisata budaya.Karena mereka memiliki berbagai tempat bersejarah peninggalan kerajaan selaparang. Pantai yang bias anda kunjungi disini juga cukup banyak dengan pesona yang tidak kalah menariknya seperti: pantai labuhan haji,Pantai seger,DLL.kemudian disini juga terdapat shortcut untuk access buat trekking rinjani melalui Semabalun.

GEOGRAFI

Selat Lombok menandai batas flora dan fauna Asia. Mulai dari pulau Lombok ke arah timur, flora dan fauna lebih menunjukkan kemiripan dengan flora dan fauna yang dijumpai di Australia daripada Asia. Ilmuwan yang pertama kali menyatakan hal ini adalah Alfred Russel Wallace, seorang Inggris di abad ke-19. Untuk menghormatinya maka batas ini disebut Garis Wallace.Topografi pulau ini didominasi oleh gunung berapi Rinjani yang ketinggiannya mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut dan menjadikannya yang ketiga tertinggi di Indonesia. Gunung ini terakhir meletus pada bulan Juni-Juli 1994. Pada tahun 1997 kawasan gunung dan danau Segara Anak ditengahnya dinyatakan dilindungi oleh pemerintah. Daerah selatan pulau ini sebagian besar terdiri atas tanah subur yang dimanfaatkan untuk pertanian, komoditas yang biasanya ditanam di daerah ini antara lain jagung, padi, kopi, tembakau dan kapas.

Demografi

Sekitar 80% penduduk pulau ini adalah suku Sasak, sebuah suku bangsa yang masih dekat dengan suku bangsa Bali, tetapi sebagian besar memeluk agama Islam. Sisa penduduk adalah orang Bali, Jawa, Tionghoa dan Arab.

Bahasa

Disamping bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, penduduk pulau Lombok (terutama suku Sasak), menggunakan bahasa Sasak sebagai bahasa utama dalam percakapan sehari-hari. Di seluruh Lombok sendiri bahasa Sasak dapat dijumpai dalam empat macam dialek yang berbeda yakni dialek Lombok utara , tengah, timur laut dan tenggara. Selain itu dengan banyaknya penduduk suku Bali yang berdiam di Lombok (sebagian besar berasal dari eks Kerajaan Karangasem), di beberapa tempat terutama di Lombok Barat dan Kotamadya Mataram dapat dijumpai perkampungan yang menggunakan bahasa Bali sebagai bahasa percakapan sehari-hari.

Agama

Sebagian besar penduduk pulau Lombok terutama suku Sasak menganut agama Islam. Agama kedua terbesar yang dianut di pulau ini adalah agama Hindu, yang dipeluk oleh para penduduk keturunan Bali yang berjumlah sekitar 15% dari seluruh populasi di sana. Penganut Kristen, Buddha dan agama lainnya juga dapat dijumpai, dan terutama dipeluk oleh para pendatang dari berbagai suku dan etnis yang bermukim di pulau ini.

Di Lombok Barat bagian utara, tepatnya di daerah Bayan, terutama di kalangan mereka yang berusia lanjut, masih dapat dijumpai para penganut aliran Islam Wetu Telu (waktu tiga). Tidak seperti umumnya penganut ajaran Islam yang melakukan shalat lima kali dalam sehari, para penganut ajaran ini mempraktikan shalat wajib hanya pada tiga waktu saja. Konon hal ini terjadi karena penyebar Islam saat itu mengajarkan Islam secara bertahap dan karena suatu hal tidak sempat menyempurnakan dakwahnya

Menurut isi Babad Lombok, kerajaan tertua yang pernah berkuasa di pulau ini bernama Kerajaan Laeq (dalam bahasa sasak laeq berarti waktu lampau), namun sumber lain yakni Babad Suwung, menyatakan bahwa kerajaan tertua yang ada di Lombok adalah Kerajaan Suwung yang dibangun dan dipimpin oleh Raja Betara Indera. Kerajaan Suwung kemudian surut dan digantikan oleh Kerajaan Lombok. Pada abad ke-9 hingga abad ke-11 berdiri Kerajaan Sasak yang kemudian dikalahkan oleh salah satu kerajaan yang berasal dari Bali pada masa itu. Beberapa kerajaan lain yang pernah berdiri di pulau Lombok antara lain Pejanggik, Langko, Bayan, Sokong Samarkaton dan Selaparang.

Kerajaan Selaparang sendiri muncul pada dua periode yakni pada abad ke-13 dan abad ke-16. Kerajaan Selaparang pertama adalah kerajaan Hindu dan kekuasaannya berakhir dengan kedatangan ekspedisi Kerajaan Majapahit pada tahun 1357. Kerajaan Selaparang kedua adalah kerajaan Islam dan kekuasaannya berakhir pada tahun 1740 setelah ditaklukkan oleh gabungan Kerajaan Karang Asem dari Bali dan Arya Banjar Getas yang merupakan keluarga kerajaan yang berkhianat terhadap Selaparang karena permasalahan dengan raja Selaparang.

Pariwisata

Lombok dalam banyak hal mirip dengan Bali, dan pada dasawarsa tahun 1990-an mulai dikenal wisatawan mancanegara. Namun dengan munculnya krisis moneter yang melanda Indonesia pada akhir tahun 1997 dan krisis-krisis lain yang menyertainya, potensi pariwisata agak terlantarkan. Lalu pada awal tahun 2000 terjadi kerusuhan antar-etnis dan antar agama di seluruh Lombok sehingga terjadi pengungsian besar-besaran kaum minoritas. Mereka terutama mengungsi ke pulau Bali. Namun selang beberapa lama kemudian situasi sudah menjadi kondusif dan mereka sudah kembali. Pada tahun 2007 sektor pariwisata adalah satu-satunya sektor di Lombok yang berkembang.

Destinasi objek pariwisata

SUMBER: WIKIPEDIA

2 pemikiran pada “PULAU LOMBOK

Bagi Comment Dong!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s