EVENTS DI LOMBOK

BAU NYALE

Upacara bau nyale biasa di lakukan oleh masyarakat lombok tengah tepatnya di sepanjang pantai kuta pada

musim panen kedua setiap tahunnya. Nyale di percayai oleh masyarakat lombok tengah sebagai perwujudan dari putri mandalika setelah menceburkan diri ke laut demi menolak pangeran pangeran yang hendak mempersuntingnya.Karena nyale adalah perwujudan dari putri yang kisah asmaranya sangat dramatis maka pada upacara bau nyale(panen nyale), di sarankan untuk membawa pasangan. Katanya sih biar nyale nya lebih gampang di tangkap. juga di anjurkan untuk mengeluarkan kata kata jorok dan kasar ( yg ini sih saya ga berani jamin kebenarannya). nyale sendiri wujudnya mirip cacing yang di percayai bisa menyembuhkan berbagai penyakit kalau dimakan.

PERESEAN( stick fight)

Peresean adalah salah satu seni bela diri selain pencak silat yang sangat di gandrungi oleh masyarakat lombok. Peresean adalah duel yang dilakukan dengan media penjalin(rotan), dan tameng. Dimana pihak yang paling sering kena sabetan rottanlah yang kalah dan tentu saja atas keputusan juri( pengembar). Peresean adalah event tahunan di lombok. Biasanya di adakan di daerah yang memiliki lapangan besar. Acara peresean ini mirip audisi indonesian idol. Dimana di masing masing daerah ada seleksi mencari pendekar yang akan di adu di tingkat propinsi. Acara ini biasa dilakukan setelah acara 17 agustusan. Bulan depan rame rame kelombok!!!( biasanya yang setelah agustusan di adakannya di lapangan Pringgarata lombok tengah). Mengenai asal usul peresean akan saya bahas di sejarah pulau lombok dan tradisi lombok di next post saya.

GENDANG BELEQ( BIG DRUM)

Gendang beleq sebenarnya adalah nama alat musik traditional lombok. tapi karena setiap tahunnya masyarakay lombok mengadakan parade gendang beleq. Jadi ini juga merupakan event yang sangat layak di tonton.

MULEAN PEKELEM

Mulean pekelem adalah upacara yang biasanya di lakukan oleh masyarakat hindu lombok setelah upacara pujawali. Acara ini sangat menarik,karena ribuan umat hindu dilombok akan berbondong bondong mendaki gunung rinjani tempat di adakannya ritual ini.

BAU NYALE

BAU NYALE

STICK FIGHT

STICK FIGHT

peresean

peresean

BIG DRUM

BIG DRUM

big drum parade

big drum parade

PUJAWALI

PUJAWALI

pujawali

pujawali

gunung baru

gunung baru

sunrise

sunrise

2 pemikiran pada “EVENTS DI LOMBOK

Bagi Comment Dong!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s